DEWI, SARI KUMALA (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAS MUHAMMADIYAH 09 KUALUH HULU T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM. 7163341038 COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2. Nim. 7163341038 LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7163341038 ABSTRACT DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
4. NIM. 7163341038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 7163341038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (845kB) | Preview
6. NIM. 7163341038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
7. NIM. 7163341038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
8. NIM. 7163341038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
9. NIM. 7163341038 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 7163341038 BAB V.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
14. NIM. 7163341038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (827kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya minat belajar, gaya belajar siswa yang berbeda yang dimana siswa belum paham akan gaya belajar yang ia miliki dan Lingkungan belajar siswa sehingga berdampak terhadap rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa” kelas XI IPS SMAS Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar, gaya belajar dan lingkungan belajar terhadaap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAS Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMAS Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu dengan populasi sebanyak 105 orang siswa dan sampel berjumlah 105 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket minat belajar, gaya belajar dan lingkungan belajar pada mata pelajaran ekonomi dalam bentuk skala likert sebanyak masing masing 20 item pertanyaan. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa minat, gaya belajar dan lingkungan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini dilihat dari hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y = 7.625 + 0,426X1 + 0,270 X2 + 0.469X3+ e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 4.367 > 1,983 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dimana thitung > ttabel dimana 3.419 > 1,983 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 Dan begitu juga nilai signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dimana nilai thitung dimana . 5.673 > 1,983 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji f) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 56,738 > 2,69 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar, gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAS Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu T.A 2019/2020, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar, Gaya Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:37 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41864 |