Kariani, Ribka (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP MATEMATIKA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106172047 Judul.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. 8106172047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106172047 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 8106172047 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. 8106172047 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. 8106172047 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. 8106172047 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. 8106172047 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 8106172047 Bab V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
10. 8106172047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah kemampuan komunikasi matematik siswa yang mengikuti pembelajaran TTW lebih baik jika dibandingkan dengan kemampuan matematik siswa yang mengikuti pembelajaran biasa. (2) Apakah sikap siswa terhadap matematika yang mengikuti pembelajaran TTW lebih baik jika dibandingkan dengan sikap siswa terhadap matematika yang mengikuti pembelajaran biasa. (3) Apakah tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. (4) Apakah tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap sikap siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa SMPN 10 Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan awal matematika (2) tes kemampuan komunikasi dengan materi kubus dan balok (3) angket sikap siswa. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk pilihan ganda pada tes kemampuan awal matematika dan tes uraian pada kemampuan komunikasi matematik. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji-t dan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan komunikasi matematik siswa yang mengikuti pembelajaran TTW lebih baik jika dibandingkan dengan kemampuan matematik siswa yang mengikuti pembelajaran biasa. (2) sikap siswa terhadap matematika yang mengikuti pembelajaran TTW lebih baik jika dibandingkan dengan sikap siswa terhadap matematika yang mengikuti pembelajaran biasa. (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. (4). tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap sikap siswa terhadap matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran TTW pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan sikap siswa terhadap matematika sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Kar p |
Keywords: | Komunikasi matematik; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Pembelajaran biasa; Sikap siswa; Kemampuan awal; Think-talk-write |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4185 |