Retnowulan, Sri Rahayu (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA TERAPAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106142037 Judul.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. 8106142037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. 8106142037 Abstrak.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. 8106142037 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. 8106142037 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. 8106142037 Bab I.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
7. 8106142037 Bab V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. 8106142037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia terhadap hasil belajar mahasiswa, 2) untuk mngetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia terhadap karakter komunikatif dan kerja keras mahasiswa, 3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara karakter komunikatif dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia, 4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara karakter kera keras dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia. Teknik pengambilan sampel menggunakan total contoh. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester I prodi peternakan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim pada unit A sebagai eksperimen I, unit B sebagai eksperimen II, unit C sebagai eksperimen III yang masing-masing berjumlah 33 mahasiswa. Hasil belajar diukur dengan instrument soal tes hasil belajar sedangkan karakter komunikatif dan kerja keras digunakan angket. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Anava satu jalur pada taraf signifikan α = 0.05. Hipotesis diuji dengan menggunakan General Linear Model Univariate dengan program SPSS-17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia terhadap hasil belajar mahasiswa, 2) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia terhadap karakter komunikatif dan kerja keras mahasiswa, 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakter komunikatif dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia, 4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakter kera keras dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 1 Ret p |
Keywords: | Cooperative learning; Power point; Pendidikan karakter; Kerja keras; Komunikatif; Perkuliahan; Teknik jigsaw; Pembelajaran kimia |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 23:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4174 |