Fitrah, Amalia (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA MS FRONTPAGE TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142003 Judul.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. 8116142003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3. 8116142003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. 8116142003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. 8116142003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. 8116142003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 8116142003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8116142003 Daftar Istilah.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 8116142003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
10. 8116142003 Bab I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
11. 8116142003 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
12. 8116142003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media terhadap hasil belajar kimia siswa, (2) Pengaruh tingkat kreativitas terhadap hasil belajar kimia siswa, (3) Apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan media dan tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit dan (4) Ranah kognitif yang paling terkembangkan setelah dibelajarkan dengan media MS FrontPage dalam pembelajaran berbasis masalah . Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Semester 1 tahun pelajaran 2012/ 2013 in Kabupaten Batubara, dan diambil sampel dari populasi yang berasal dari 2 SMA Negeri sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 65 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar angket dan instrument observasi kreativitas belajar siswa. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan analisis General Linear Model (GLM) Univariate pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan program SPSS 16.00.Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan media MS Frontpage lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dan media charta. (2) Siswa yang memiliki tingkat kreativitas belajar tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah. (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara interaksi strategi pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan dengan kreativitas belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dan (4) Ranah kognitif yang paling terkembangkan setelah dibelajarkan dengan media MS FrontPage dalam pembelajaran berbasis masalah . adalah C3 (penerapan).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.372 071 2 Fit p |
Keywords: | Larutan elektrolit; Non elektrolit; MS Frontpage; Media pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Kreativitas |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4172 |