Astari, Weni (2013) PENGARUH METODE PENEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PADA SISWA SMAN 1 DEWANTARA KREUNG GEUKUH ACEH UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116174017 Judul.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. 8116174017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. 8116174017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. 8116174017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. 8116174017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. 8116174017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. 8116174017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
8. 8116174017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9. 8116174017 Bab I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
10. 8116174017 Bab V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
11. 8116174017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini dilakukan di SMAN 1 Dewantara Kreung Geukuh Aceh Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014, bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dan penemuan bebas dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional; dan (2) tingkat keterampilan proses sains dasar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dan penemuan bebas dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA, di SMAN 1 Dewantara Kreung Geukuh Aceh Utara yang terdiri dari 8 kelas XI IPA, jumlah siswa kelas XI IPA sebanyak 240 siswa, sedangkan sampel penelitian yang berjumlah 90 siswa yang terbagi ke dalam 3 kelas paralel dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 30 soal, keterampilan proses dasar sains siswa yang berjumlah 8 soal. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji anakova. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (Fhitung = 17.288; P. = 0.000); serta terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan bebas dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (Fhitung = 72.488; P. = 0.000); dan (2) terdapat perbedaan tingkat keterampilan proses sains dasar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (Fhitung = 34.488; P. = 0.000); serta terdapat perbedaan tingkat keterampilan proses sains dasar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dan penemuan bebas dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada SMAN 1 Dewantara Kreung Geukuh Aceh Utara (Fhitung = 19.640; P. = 0.000). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa pembelajaran dengan metode penemuan dapat mengakomodasikan siswa kedalam proses cara kerja ilmiah dalam mempelajari pengetahuan baru serta meningkatkan hasil belajar siswa di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Ast p |
Keywords: | Penemuan terbimbing; Penemuan bebas; Proses sains; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran sains |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 22:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4165 |