Hutahaean, Esrida (2020) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMEDIAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163131008 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
2. NIM. 4163131008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
3. NIM. 4163131008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
4. NIM. 4163131008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (835kB) | Preview
5. NIM. 4163131008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
6. NIM. 4163131008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
7. NIM. 4163131008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
8. NIM. 4163131008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
9. NIM. 4163131008 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4163131008 BAB V.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
14. NIM. 4163131008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) bermediakan LKS terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan tahun ajaran 2019-2020. Sampel kelas diambil dengan teknik random sampling. Kelas pertama akan dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 yang akan dibelajarkan dengan model Problem Based Learning bermediakan LKS dan kelas kedua akan dijadikan sebagai kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning tanpa menggunakan media LKS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk melihat data hasil belajar siswa dan instrumen non-tes untuk melihat data kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil uji statistik parametris, data hasil pretest, postest, dan data kemampuan berpikir kritis siswa pada kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji pihak kanan sehingga diperoleh kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning bermediakan LKS lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning tanpa menggunakan media LKS pada pokok bahasan laju reaksi. Untuk pengujian hipotesis data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning bermediakan LKS lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning tanpa menggunakan media LKS pada pokok bahasan laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Media LKS, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 07:35 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41647 |