Santoso, Kiki (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Fisika Siswa. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153121032 COVER.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
2. NIM 4153121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
3. NIM 4153121032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
4. NIM 4153121032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
5. NIM 4153121032 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 4153121032 TABLE.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
7. NIM 4153121032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
8. NIM 4153121032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
9. NIM 4153121032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4153121032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
14. NIM 4153121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Fisika Siswa. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X IPA – 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA – 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis uji t dua pihak untuk data pretest dan uji t satu pihak untuk data post test. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes essay sebanyak 10 soal dengan indeks validitas adalah 0,48 dan indeks reliabilitas adalah 0,49. Dari penelitian ini diperoleh kemampuan HOTS Siswa setelah belajar menggunakan model PBL meningkat signifikan dengan rata – rata nilai pretest 19,48 dan post test 71,78. Sementara, kemampuan HOTS siswa yang menggunakan model konvensional masih rendah dengan rata – rata nilai pretest 19,84 dan post test 54,00. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan HOTS Siswa dibandingkan dengan model konvensional. Peningkatan pembelajaran dengan model Problem Based Learning sebesar 51,80 sedangkan model konvensional sebesar 34,16.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Higher Order Thinking Skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 07:15 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41573 |