Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Fisika Siswa

Santoso, Kiki (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Fisika Siswa. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153121032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153121032 COVER.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153121032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153121032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153121032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153121032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153121032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153121032 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153121032 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4153121032 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153121032 TABLE.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4153121032 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4153121032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4153121032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4153121032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153121032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153121032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153121032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153121032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153121032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Fisika Siswa. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X IPA – 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA – 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis uji t dua pihak untuk data pretest dan uji t satu pihak untuk data post test. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes essay sebanyak 10 soal dengan indeks validitas adalah 0,48 dan indeks reliabilitas adalah 0,49. Dari penelitian ini diperoleh kemampuan HOTS Siswa setelah belajar menggunakan model PBL meningkat signifikan dengan rata – rata nilai pretest 19,48 dan post test 71,78. Sementara, kemampuan HOTS siswa yang menggunakan model konvensional masih rendah dengan rata – rata nilai pretest 19,84 dan post test 54,00. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan HOTS Siswa dibandingkan dengan model konvensional. Peningkatan pembelajaran dengan model Problem Based Learning sebesar 51,80 sedangkan model konvensional sebesar 34,16.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Higher Order Thinking Skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:15
Last Modified: 23 Mar 2021 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41573

Actions (login required)

View Item
View Item