PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI DI SMAN 9 MEDAN

Pandiangan, Chintya Maretti (2020) PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI DI SMAN 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153321006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153321006 COVER.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153321006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153321006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153321006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153321006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153321006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153321006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153321006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153321006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4153321006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153321006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4153321006 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4153321006 TABLES.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4153321006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4153321006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153321006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153321006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153321006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153321006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153321006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153321006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap kemampuan higher order thinking skills (HOTS) siswa kelas XI pada materi pokok gelombang bunyi di SMAN 9 Medan. Jenis penelitian
adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 9 Medan yang terdiri dari 4 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak masing-masing 32 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 4 diberi perlakuan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol adalah kelas XI IPA 2 diberi perlakuan dengan
pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan HOTS berbentuk essay dengan jumlah 8 soal yang sudah divalidasi dan penilaian aktivitas
siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31,03 dan nilai ratarata kelas kontrol 27,25 Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,31 dan kelas kontrol 65,93. Rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 77,84 dan termasuk kategori aktif. Hasil uji t data postes menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan
higher order thinking skills (HOTS) siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok gelombang bunyi di SMAN 9 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: inquiry training, higher order thinking skills, gelombang bunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:52
Last Modified: 23 Mar 2021 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41563

Actions (login required)

View Item
View Item