Soleha, Siti (2020) The Effect of Teaching Strategies and Students’ Interest on Reading Comprehension. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156112094 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM 8156112094 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM 8156112094 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
4. NIM 8156112094 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 8156112094 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM 8156112094 TABLES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7. NIM 8156112094 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8156112094 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
12. NIM 8156112094 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM 8156112094 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan ada pengaruh hasil belajar siswa dalam pemahaman membaca yang diajarkan menggunakan strategi Literature Circle strategy (LCS) dan Think Pair Share (TPS), ada pengaruh hasil belajar siswa dalam pemahaman membaca dengan minat tinggi lebih baik daripada minat rendah, ada interaksi yang signifikan antara strategi mengajar dan minat terhadap hasil belajar siswa dalam pemahaman membaca. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2019/2020 SMAN 19 Medan. Desain penelitian adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Kelas X MIA 3 yang digunakan sebagai kelas eksperimen diajarkan menggunakan strategi Literature Circle strategy (LCS) dan kelas X MIA 8 yang digunakan sebagai kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan strategi Think Pair Share strategy (TPS). Data dianalisis dengan menerapkan Two-Way ANOVA, membandingkan level signifikan 0.05 dimana hipotesis diterima jika Sign < α. Hasilnya mengungkapkan bahwa 1) nilai Sig untuk strategi pengajaran adalah 0,005 <0,05. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam pemahaman bacaan yang diajar dengan strategi Literature Circle secara signifikan lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan strategi Think Pair Share. 2) nilai Sig untuk minat siswa sebesar 0,000 <0,05. Artinya, prestasi belajar pemahaman membaca siswa dengan minat tinggi secara signifikan lebih tinggi daripada minat rendah. Dengan kata lain, pemahaman membaca siswa dipengaruhi oleh minat siswa. 3) nilai Sig untuk strategi mengajar dan minat siswa 0,505> 0,05. Artinya, tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi mengajar dan minat terhadap prestasi belajar pemahaman bacaan siswa. Siswa dengan minat rendah sebaiknya belajar Strategi Literature Circle. Sedangkan siswa yang memiliki minat tinggi dapat belajar dengan baik dengan strategi LCS maupun TPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.47 Sol e |
Keywords: | Pemahaman membaca; Strategi mengajar; Minat siswa; Teks Naratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 08:05 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41495 |