Siregar, Rosdiana (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188210066 Judul.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. 081188210066 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
3. 081188210066 Abstrak.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. 081188210066 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. 081188210066 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. 081188210066 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7. 081188210066 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. 081188210066 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 081188210066 Bab I.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
10. 081188210066 Bab V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
11. 081188210066 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, 2). perbedaan hasil belajar mahasiswa yang memiliki kepribadian sanguin dan mahasiswa yang memiliki kepribadian phlegmatis, 3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kepribadian terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia VI Tahun Akademik 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas reguler dan dua kelas ekstensi berjumlah 141. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 80 mahasiswa dimana 40 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif dan 40 orang sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen pengumpul data yang digunakan berbentuk pilihan berganda sebanyak 40 soal. Untuk mengetahui kepribadian mahasiswa digunakan instrumen angket kepribadian. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan disain faktorial 2 x 2. Teknik analisa data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan Fhitung = 13,92 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05 ; 2) Hasil belajar mahasiswa yang memiliki kepribadian sanguin lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki kepribadian phlegmatis dengan Fhitung = 6,25 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05 ; 3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar mahasiswa dengan Fhitung = 27,2 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.153 071 1 Sir p |
Keywords: | Kepribadian; Strategi pembelajaran; Strategi belajar mengajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 17:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4120 |