Resien (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SETELAH MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL. Doctoral thesis, UNIMED.
01. NIM 8174424021 COVER.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
02. NIM 8174424021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. NIM 8174424021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
04. NIM 8174424021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
05. NIM 8174424021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (970kB) | Preview
06. NIM 8174424021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (973kB) | Preview
05. NIM 8174424021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (970kB) | Preview
06. NIM 8174424021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (973kB) | Preview
07. NIM 8174424021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
08. NIM 8174424021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
09. NIM 8174424021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
13. NIM 8174424021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. NIM 8174424021 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) keunggulan strategi
pembelajaran blended learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan
strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (2)
interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif yang
dimiliki siswa terhadap hasil belajar TIK setelah mengontrol pengetahuan awal; (3)
perbedaan siswa yang memiliki berpikiran kreatif tinggi dibelajarkan dengan
strategi pembelajaran blended learning akan memperoleh hasil belajar TIK lebih
tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi
pembelajarna ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (4) perbedaan
siswa yang memiliki kemampuan berpikiran kreatif rendah dibelajarkan dengan
strategi pembelajaran blended learning akan memperoleh hasil belajar TIK siswa
lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi
pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian
ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian
dalam penelitian ini adalah 60 orang orang siswa SMA kelas 11 IPS yang sedang
mengikuti mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tahun Pelajaran
2016/2017 Semester tiga yang dipilih secara random. Teknik analisis data
menggunakan ANAKOVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran BL lebih tinggi dibandingkan dengan
kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah
mengontrol pengetahuan awal; (2) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran
dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar TIK setelah mengontrol
pengetahuan awal; (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif
tinggi, hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi
pembelajaran BL lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol
pengetahuan awal; (4) untuk kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir
kreatif rendah, hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan strategi
pembelajaran ekspositori lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran BL setelah mengontrol pengetahuan
awal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka untuk meningkatkan hasil belajar
Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa dilakukan dengan menerapkan strategi
pembelajaran BL dengan memperhatikan karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Res p |
Keywords: | Blende Learning; Expository; Creative Thinking; Prior Knowledge |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 11:14 |
Last Modified: | 19 May 2023 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41118 |