Pasaribu, Marisi Plorida (2020) Implementasi Metode Orff-Schulwerk Dalam Pembelajaran Musik Pada Anak Usia Dini Di PAUD Melati Desa Sibuea Kabupaten Toba Samosir. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151142025 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 2151142025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 2151142025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM 2151142025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 2151142025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 2151142025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 2151142025 TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 2151142025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
12. NIM 2151142025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM 2151142025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Orff-Schulwerk Dalam Pembelajaran Musik Pada Anak Usia Dini Di PAUD Melati Desa Sibuea Kabupaten Toba Samosir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengimplementasian metode Orff-Schulwerk dalam pembelajaran musik pada anak usia dini di PAUD Melati Desa Sibuea Kabupaten Toba Samosir, untuk mengetahui alat-alat musik yang digunakan untuk mendukung pengimplementasian metode Orff-Schulwerk dalam pembelajaran musik pada anak usia dini di PAUD Melati Desa Sibuea Kabupaten Toba Samosir, untuk mengetahui hasil dari pengimplementasian metode Orff-Schulwerk dalam pembelajaran musik pada anak usia dini di PAUD Melati Desa Sibuea Kabupaten Toba Samosir, untuk mengetahui kendala di dalam pengimplementasian metode Orff-Schulwerk dalam pembelajaran musik pada anak usia dini di PAUD Melati Desa Sibuea Kabupaten Toba Samosir. Teori yang digunakan adalah teori metode Orff-Schulwerk, teori alat-alat musik, teori hasil belajar,teori kendala. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 18 orang pserta didik kelas TK B1 (Kelas Manggis) dan 1 orang guru wali kelas TK B1 (Kelas Manggis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Orff-Schulwerk dilaksanakan dengan 6 langkah pembelajaran yaitu: Observation (mengamati), Imitation (meniru), Exploration (eksplorasi), Improvisation (mencipta), Independece (kemandirian), Literasi. Alat-alat musik yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah miniatur Xylophone, Tambourine, Castanets, Maracas. Hasil dari pengimplementasian metode Orff-Schulwerk terdiri dari 4 penilaian yaitu hasil improvisasi musik, penelitian aspek kognitif, penelitian aspek afektif, penelitian aspek psikomotorik. Kendala-kendala yang terjadi di dalam pengimplementasian metode Orff-Schulwerk yaitu keterbatasan ragam dan jumlah alat-alat musik, peserta didik kurang mengenal nada, pembelajaran jadi kurang kondusif, dan peserta didik belum menguasai cara penulisan nada dalam notasi balok pada sangkar nada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi; Metode Orff-Schulwerk; Pembelajaran |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1375 Instrumental music for children M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 02:37 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40911 |