Ramanda, Sari (2020) Pemanfaatan Metode Kodaly Pada Pembelajaran Menyanyikan Notasi Musik Di SMPN 1 Babalan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM2153342014 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 2153342014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 2153342014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM 2153342014 AKCNOWLEDGEMET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM 2153342014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 2153342014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM 2153342014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
11. NIM 2153342014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
12. NIM 2153342014 BLIOBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara siswa-siswi di SMPN 1 Babalan memanfaatkan metode Kodaly pada pembelajaran menyanyikan notasi musik.
Peneliti ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif berdasarkan landasan teoritis yang dijelaskan pengertian pemanfaatan metode Kodaly pada pembelajaran menyanyikan notasi musik di SMPN 1 babalan.
Peneltian di lakukan di SMPN 1 Babalan, waktu penelitian dan proses pembelajaran dilaksanakan pada bulan September-November 2019. Sampel penelitian dijadikan yaitu seluruh siswa-siswi kelas IX 9 dalam pembelajaran menyanyikan notasi musik di SMPN 1 Babalan Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode Kodaly dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti ini memaparkan tentang cara membaca partitur notasi musik pada partitur vokal, Mereka menyanyikan melodi dengan gerakan pada metode Kodaly dan lagu-lagu yang mereka nyanyikan dengan menggunakan nada-nada yang masih mudah di nyanyikan untuk anak tingkat SMP. Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan metode Kodaly sangat bermanfaat untuk siswa agar lebih mudah membaca notasi musik dan sccara tidak langsung murid berlatih senam otak dengan cara menyanyikan lalu menggerakan tangan dengan serentak. Metode Kodaly juga membuat siswa aktif dalam pembelajaran sehingga terciptanya pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemanfaatan; Metode Kodaly; Notasi Musik |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT40 Composition. Elements and techniques of music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 13:08 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 13:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40894 |