PENGARUH PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN 4C SISWA PADA MATERI KALOR DI SMA

DAULAY, NORA HAWARI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN 4C SISWA PADA MATERI KALOR DI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166175016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166175016 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166175016 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166175016 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166175016 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166175016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166175016 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166175016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166175016 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166175016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166175016 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166175016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166175016 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166175016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166175016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166175016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166175016 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166175016 BAB I.pdf - Published Version

Download (774kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166175016 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166175016 BAB V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166175016 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166175016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, 3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap keterampilan komunikasi siswa, dan 4) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester Genap yang dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan dan SMA Dharma Pancasila Medan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 68 orang, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran collaborative inquiry sebanyak 34 orang dan satu kelas sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional sebanyak 34 orang. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Sedangkan keterampilan berkomunikasi dan kolaborasi diukur dengan melakukan observasi di setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran collaborative inquiry lebih baik daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan 4C (berpikir kreatif, berpikir kritis, berkomunikasi dan berkolaborasi) siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 536.172 Dau p
Keywords: COLLABORATIVE INQUIRY; KETERAMPILAN 4C
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:47
Last Modified: 13 Nov 2020 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40737

Actions (login required)

View Item
View Item