DAULAY, NORA HAWARI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN 4C SISWA PADA MATERI KALOR DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166175016 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8166175016 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM. 8166175016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM. 8166175016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. NIM. 8166175016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
6. NIM. 8166175016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 8166175016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 8166175016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 8166175016 BAB I.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
13. NIM. 8166175016 BAB V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM. 8166175016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, 3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap keterampilan komunikasi siswa, dan 4) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester Genap yang dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan dan SMA Dharma Pancasila Medan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 68 orang, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran collaborative inquiry sebanyak 34 orang dan satu kelas sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional sebanyak 34 orang. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Sedangkan keterampilan berkomunikasi dan kolaborasi diukur dengan melakukan observasi di setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran collaborative inquiry lebih baik daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan 4C (berpikir kreatif, berpikir kritis, berkomunikasi dan berkolaborasi) siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 536.172 Dau p |
Keywords: | COLLABORATIVE INQUIRY; KETERAMPILAN 4C |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 16:47 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40737 |