Sitompul, Maulidya Silvana Sari (2020) ANALISIS KESULITAN BERPIKIR VISUAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172032 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2. NIM. 8176172032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
3. NIM. 8176172032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM. 8176172032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 8176172032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 8176172032 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. NIM. 8176172032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. NIM. 8176172032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
12. NIM. 8176172032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM. 8176172032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan berpikir visual siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognitif, 2) indikator kemampuan berpikir visual siswa yang lebih dominan setelah dilakukan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognitif, 3)Untuk mengetahui kesulitan siswa yang berkemampuan berpikir visual dalam memecahkan masalah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 23 orang siswa. Instrumen dalam proses pengumpulan data adalah pedoman wawancara dan lembar tes soal. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi metode tes, metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari proses penelitian didapatkan bahwa kesulitan siswa sebagai berikut : 1) Kelemahan dalam menghitung, 2) Kesulitan siswa dalam mentransfer pengetahuan, 3) Pemahaman bahasa matematika yang kurang, dan 4) kesulitan dalam persepsi visual. Faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berpikir visual sebagai berikut: 1) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal adalah kesulitan yang dialami siswa dalam operasi hitung, 2) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam transformasi adalah cara belajar siswa yang hanya menghafalkan rumus yang mengakibatkan cepat lupa, dan kurangnya latihan mengerjakan soal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 515 Sit a |
Keywords: | analisis; kemampuan berpikir visual; visual thinking; model pbl; pembelajaran berbasis masalah; pendekatan metakognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 09:33 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40686 |