Girsang, Chrisdayani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Katolik Tri Sakti 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153311004 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 2153311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 2153311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 2153311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. NIM. 2153311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 2153311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2153311004 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2153311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2153311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 2153311004 BAB V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM. 2153311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Double
Loop Problem Solving Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Tahun
Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Katolik Tri Sakti 2 Medan sebanyak 91 siswa dan pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik acak sederhana, sehingga diperoleh sampel penelitian
adalan kelas VIII-A sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Design. Instrumen yang
digunakan adalah tes Esai. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test
adalah 62,34 standar deviasi 9,24, dan standar error sebesar 1,66 sedangkan nilai
rata-rata post-test adalah 79,84, standar devisi 9,54, dan standard error sebesar
1,71. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji
persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan
dengan tabel t taraf siginifikan 5% dengan df = N-1 = 32-1 = 31 diperoleh taraf
signifikan 5% = 1,69. Karena diperoleh lebih besar dari yaitu 7,35
1,69, maka hipotesis nihil ( ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test
berdistribusi normal dan homongen. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa
Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving berpengaruh positif Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Katolik Tri Sakti 2
Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh; Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving; Menulis Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 03:15 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40663 |