Ginting, May Muna Br. (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Probing Prompting Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Kutabuluh Simole Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2152111012 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 2152111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM. 2152111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4. NIM. 2152111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
5. NIM. 2152111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
6. NIM. 2152111012 TABLES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7. NIM. 2152111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
8. NIM. 2152111012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM. 2152111012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
13. NIM. 2152111012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
14. NIM. 2152111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode probing
prompting learning terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Penelitian ini
dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri I Kutabuluh Simole dengan
populasi 165 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas VII-A (Kelas
Ekperimen) dan kelas VII-B (Kelas Kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini
dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang. Penelitian ini menggunakan
metode ekperimen dengan desain penelitian two group post test design. Tes pada
penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak satu kali yaitu sesudah perlakuan
. Perlakuan yang akan diberikan berupa metode pembelajaran Probing Prompting
Learning di kelas eksperimen dan metode pembelajaran ekspositori terhadap
kemampuan menulis teks prosedur di kelas kontrol. Berdasarkan rumusan
masalah yang terdapat dalam penelitian maka dapat kita ketahui bahwa : 1)
Kemampuan menulis teks prosedur saat menggunakan metode pembelajaran
ekspositori (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 71,25 (termasuk
dalam kategori cukup). Sedangkan 2) kemampuan menulis teks prosedur saat
menggunakan metode probing prompting learning (kelas eksperimen)
memperoleh nilai rata-rata sebanyak 83,43 (termasuk kategori baik). 3)
Bedasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai
to = 3,95. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau
( ) 0,05 dengan df = N-1 df = 32-1 = 31, maka diperoleh ttabel pada taraf
signifikansi 5% = 2,00. Nilai to > ttabel atau 3,95 > 2,00. Sehingga, hipotesis nihil
(HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan metode
probing prompting learning efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks
prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri I Kutabuluh Simole tahun
pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; Metode Pembelajaran Probing Prompting Learning; Menulis Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 08:48 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40662 |