Nasution, Siti Isunari (2020) Pengaruh Teknik Asosiogram Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153311047 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 2153311047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
3. NIM. 2153311047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 2153311047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 2153311047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 2153311047 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 2153311047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2153311047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2153311047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 2153311047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 2153311047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik
Asosiogram terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21
Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII yang terdiri atas 7 kelas yang berjumlah 224 siswa dan
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel
penelitian adalah kelas VIII-6 sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test post-test design.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan ujii “t”. Data yang diperoleh
menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi sebelum
menggunakan teknik Asosiogram mendapat nilai rata-rata (mean) sebesar 59,38
sedangkan nilai rata-rata (mean) kemampuan siswa menulis puisi setelah
menggunakan teknik Asosiogram sebesar 80,63. Karena t0 diperoleh lebih besar
dari ttabel yaitu 8,5 > 2,04 maka Ha diterima, hal ini berarti ada pengaruh teknik
Asosiogram terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21
Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Hal ini membuktikan bahwa hasil
pembelajaran menulis puisi sesudah menggunakan teknik Asosiogram lebih baik
daripada hasil pembelajaran sebelum mengggunakan teknik Asosiogram, proses
pembelajaran sesudah menggunakan teknik Asosiogram berpengaruh positif
terhadap kemampuan menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | teknik Asosiogram; menulis puisi; SMP Negeri 21 Medan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 15:21 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 15:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40660 |