Sihombing, Binsar Putrawan (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 4 BALIGE T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4143111010 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM.4143111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM.4143111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM.4143111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM.4143111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM.4143111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM.4143111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM.4143111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM.4143111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
13. NIM.4143111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM.4143111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dengan model Discovery Learning berbantuan Autograph pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-A SMP Negeri 4 Balige tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Balige pada semester ganjil T.A 2019/2020 yang berjumlah 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel saat diterapkan model pembelajaran Discovery Learning, dan lembara observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi untuk siklus I yaitu 62,99 sudah berada dikategori kurang dan siklus II 81,47 berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan, dimana pada tes kemampuan penalaran I disiklus I persentase ketuntasan hanya 45,45% (15 orang siswa) dengan rata-rata 62,99 dan pada siklus II menjadi 87,87% (29 orang siswa) dengan nilai rata-rata 81,47. Dan sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkn model pembelajaran Discovery Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII-A SMP Negeri 4 Balige dapat meningkatakn kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model; Penalaran; Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 03:05 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40437 |