PENGARUH MEDIA e-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Kurniawan, Dimas Zuhri (2019) PENGARUH MEDIA e-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153131010 COVER.PDF]
Preview
Text
1. NIM 4153131010 COVER.PDF - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153131010 APPROVAL SHEET.PDF]
Preview
Text
2. NIM 4153131010 APPROVAL SHEET.PDF - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153131010 ABSTRACT.PDF]
Preview
Text
3. NIM 4153131010 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153131010 PREFACE.PDF]
Preview
Text
4. NIM 4153131010 PREFACE.PDF - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153131010 TABLE OF CONTENT.PDF]
Preview
Text
5. NIM 4153131010 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153131010 CHAPTER I.PDF]
Preview
Text
9. NIM 4153131010 CHAPTER I.PDF - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153131010 CHAPTER V.PDF]
Preview
Text
13. NIM 4153131010 CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153131010 BIBLIOGRAPHY.PDF]
Preview
Text
14. NIM 4153131010 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar, hasil belajar kimia siswa lebih tinggi dan berapa persen peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media e-Learning berbasis weblog dan tanpa media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Mia SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah tujuh kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara purposif. Kelas eksperimen I, yaitu kelas X Mia-1 menggunakan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL, sedangkan kelas eksperimen II, yaitu kelas X Mia-3 tanpa menggunakan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen I dan II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel (26,70 > 1,67). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia serta hasil belajar kimia siswa lebih tinggi diajarkan menggunakan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia. Persen peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I sebesar 69,7% dan kelas eksperimen II sebesar 39,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 076
Keywords: Problem based learning; Weblog; Hukum dasar kimia; Media pembelajaran; E-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:17
Last Modified: 12 Aug 2020 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40312

Actions (login required)

View Item
View Item