Kurniawan, Dimas Zuhri (2019) PENGARUH MEDIA e-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153131010 COVER.PDF - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 4153131010 APPROVAL SHEET.PDF - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM 4153131010 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM 4153131010 PREFACE.PDF - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 4153131010 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM 4153131010 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM 4153131010 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM 4153131010 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar, hasil belajar kimia siswa lebih tinggi dan berapa persen peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media e-Learning berbasis weblog dan tanpa media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Mia SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah tujuh kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara purposif. Kelas eksperimen I, yaitu kelas X Mia-1 menggunakan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL, sedangkan kelas eksperimen II, yaitu kelas X Mia-3 tanpa menggunakan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen I dan II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel (26,70 > 1,67). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia serta hasil belajar kimia siswa lebih tinggi diajarkan menggunakan media e-Learning berbasis weblog dengan model pembelajaran PBL pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia. Persen peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I sebesar 69,7% dan kelas eksperimen II sebesar 39,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 076 |
Keywords: | Problem based learning; Weblog; Hukum dasar kimia; Media pembelajaran; E-learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 07:17 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40312 |