Yani, Devi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152131002 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 4152131002 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM 4152131002 ABSTRACK.pdf.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM 4152131002 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM 4152131002 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
9. NIM 4152131002 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 4152131002 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 4152131002 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu berpasangan terhadap hasil belajar kimia SMA pada pokok bahasan redoks pada siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Swasta Budi Agung Medan yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik purposif sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X IPA Thomas Stamford Raffles sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu berpasangan dan kelas X IPA Al khawarizmi sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model konvensional yaitu ceramah. Penelitian ini menggunakan instrument tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlibat dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pada kelas ekperimen memiliki rata-rata nilai pretest 36.67 dan posttet 88. Sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 34.17 dan posttest 80.67. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian pada taraf signifikan α = 0.05, diperoleh hasil thitung =5.02 sedangkan nilai ttabel=1.67, menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil atau hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Numbered Heads Together dengan media Kartu Berpasangan terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Redoks. Persentase peningkatan hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan model NHT dengan media kartu berpasangan sebesar 81 % (kategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 069 |
Keywords: | Numbered Heads Together; Media kartu berpasangan; Hasil belajar; Reaksi reduksi oksidasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD701 Photochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 06:41 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40303 |