Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Bermain Musik Ansambel Di SMP Negeri 6 Tahun Ajaran 2019-2020.

Supermard, Tommy (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Bermain Musik Ansambel Di SMP Negeri 6 Tahun Ajaran 2019-2020. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176121006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176121006 COVER.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 8176121006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 8176121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176121006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176121006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176121006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176121006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176121006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176121006 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176121006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176121006 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176121006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176121006 LIST OF APPRNDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176121006 LIST OF APPRNDICES.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176121006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176121006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176121006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176121006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176121006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keterampilan bermain musik ansambel yang diajarkan dengan metode drill dan demonstrasi terhadap keterampilan bermain musik, (2) pengaruh keterampilan bermain musik ansambel yang memiliki minat belajar tinggi dengan keterampilan bermain musik ansambel yang memiliki minat belajar rendah, 3) interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap keterampilan musik ansambel. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Medan kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2, teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalan dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan bermain musik ansambel siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran drill lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan bermain musik ansambel dengan menggunakan metode demonstrasi dengan Fhitung > Ftabel (4,228 > 4,00), (2) keterampilan bermain musik ansambel yang memiliki minat tinggi lebih baik dibandingkan dengan keterampilan bermain musik ansambel yang memiliki minat rendah dengan Fhitung > Ftabel (6,606 > 4,00), 3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi keterampilan bermain musik ansambel dengan Fhitung > Ftabel (7,472 > 4,00). Kesimpulan, bahwa metode Drill dapat meningkatkan keterampilan bermain musik Ansambel.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sup p
Keywords: Metode Pembelajaran; drill; demonstrasi; minat belajar; keterampilan bermain musik ansambel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Aug 2020 09:36
Last Modified: 11 Aug 2020 09:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40295

Actions (login required)

View Item
View Item