Santika, Anggi (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TRUTH AND DARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DI SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131002 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 4151131002 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
3. NIM. 4151131002 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4151131002 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. NIM. 4151131002 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM. 4151131002 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM. 4151131002 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. NIM. 4151131002 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Truth and Dare (T&D). pada materi hidrolisis garam. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan 3 kelas. Sampel ditetapkan dengan cara random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,613 > 1.668) maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan Model pembelajaran PBL berbantuan media T&D. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui pengaruh aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (0.47 > 0.339) maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pembelajaran PBL berbantuan media T&D. Kontribusi aktivitas siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 22%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 062 |
Keywords: | Hasil belajar; Hidrolisis garam; Problem based learning; Truth and dare; Media pembelajaran; Model pembelajaran; Larutan garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 14:55 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40235 |