Siregar, Rizda Jumeira (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 SEI KANAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111083 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM. 4151111083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM. 4151111083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4151111083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. NIM. 4151111083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 4151111083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
7. NIM. 4151111083 TABLES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8. NIM. 4151111083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 4151111083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
13. NIM. 4151111083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 4151111083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Sei Kanan pada materi sistem persamaan linear dua variabel setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik, (2) menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Sei Kanan pada materi sistem persamaan linear dua variabel setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Sei Kanan, berjumlah 27 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 3 siswa atau 11,11% dengan rata-rata kelas 30 (sangat rendah). Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan pembelajaran matematika realistik menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 16 siswa atau 59,26% dengan rata-rata kelas 55,09 (rendah). Hasil analisis data siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 23 siswa atau 85,19% dengan rata-rata kelas 76,02 (sedang). Selain itu, kemampuan peneliti mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II yaitu pada Siklus I sebesar 76,5 (cukup baik) dan pada Siklus II sebesar 89,5 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Sei Kanan karena kemampuan pemecahan masalah siswa sudah mencapai target minimal kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 85% dari siswa yang mengikuti tes mencapai tingkat penguasaan minimal 65 (TKPM sedang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 065 |
Keywords: | PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA, PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40173 |