SIMATUPANG, NEHEMIA (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111060 COVER.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2. NIM. 4151111060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM. 4151111060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 4151111060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4151111060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM. 4151111060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 4151111060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 4151111060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4151111060 BAB I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
13. NIM. 4151111060 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 4151111060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific Learning berbantuan media Geogebra di kelas VIII SMP Negeri 10 Medan T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII – H berjumlah 31 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific Learning berbantuan media Geogebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Cara pengambilan data dilakukan melalui observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis.
Berdasarkan hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat dari 65,12 (siklus I) menjadi 80,44 (siklus II) dengan persentase kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara klasikal adalah 31,71% (siklus I) menjadi 90,32% (siklus II). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.
Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada setiap indikator yakni indikator kelancaran meningkat dari rata-rata 80,65 (siklus I) menjadi 93,55 (siklus II), indikator kelenturan meningkat dari rata-rata 62,90 (siklus I) menjadi 82,26 (siklus II), indikator elaborasi meningkat dari rata-rata 66,94 (siklus I) menjadi 79,03 (siklus II), indikator keaslian meningkat dari rata-rata 50 (siklus I) menjadi 66,94 (siklus II).
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific Learning berbantuan media Geogebra di kelas VIII SMP Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 066 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, SCIENTIFIC LEARNING, GEOGEBRA, KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40172 |