Sitorus, Siska Rinanda (2019) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI MARBACH DAN TAKSONOMI BLOOM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X IPA SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151141054 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4151141054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3. NIM. 4151141054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM 4151141054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM 4151141054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM 4151141054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM 4151141054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
14. NIM 4151141054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas dan kategori pertanyaan siswa yang digolongkan ke dalam Taksonomi Marbach dan Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl selama pembelajaran Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 10 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA, sampel diambil dengan teknik random sampel. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi langsung selama pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa siswa mengajukan pertanyaan tulisan dan lisan yang keseluruhan berjumlah 151 pertanyaan. Kuantitas pertanyaan tulisan sebanyak 114 pertanyaan (75,5%) sedangkan pertanyaan lisan sebanyak 37 pertanyaan (24,5%). Kategori pertanyaan siswa diukur berdasarkan Taksonomi Marbach didapatkan hasil bahwa pertanyaan dominan pada kategori 1a sebanyak 39 pertanyaan (25,9%) sedangkan hasil pengukuran taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl didominasi oleh pertanyaan ranah kognitif C1 sebanyak 53 pertanyaan (35,2%). Kualitas pertanyaan siswa diukur berdasarkan Taksonomi Marbach lebih dominan adalah pertanyaan yang berkategori sedang pada kelompok pertanyaan deskripsi (kategori 2, 3 dan 4 atau Tipe III), sedangkan kualitas pertanyaan siswa berdasarkan Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl menunjukkan lebih tinggi kualitas pertanyaan LOTS (74,9%) dibandingkan kualitas pertanyaan HOTS (25,1%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 177 |
Keywords: | Taksonomi marbach; Taksonomi bloom; Kuantitas pertanyaan; Kategori pertanyaan; Pencemaran lingkungan; Perubahan lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 03:36 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39990 |