Pardede, Oktaviandi Bertua (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122027 Judul.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 8106122027 Lembaran Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106122027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. 8106122027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. 8106122027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. 8106122027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. 8106122027 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
8. 8106122027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. 8106122027 Bab I.pdf - Published Version
Download (816kB) | Preview
10. 8106122027 Bab V.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
11. 8106122027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar Fisika, pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Fisika dan interaksi model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Fisika.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Total populasi dalam penelitian ini berjumlah 263 orang yang diambil dari 7 kelas paralel kelas VIII SMP Negeri 30 Medan. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang siswa. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kemampuan berpikir kreatif untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa. Sebelum tes digunakan untuk menjaring data penelitian guna menguji hipotesis penelitian maka terlebih dahulu tes diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes hasil belajar Fisika. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur. Sebelum Anava 2 jalur digunakan, telebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlet dan uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran POE dan model pembelajaran Perolehan Konsep memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar Fisika. Hal ini ditunjukkan oleh FHitung = 4,59 >F Tabel = 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,76). Kemampuan berpikir kreatif tinggi dan kemampuan berpikir kreatif rendah memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar Fisika. Hal ini ditunjukkan oleh FHitung = 17,22 > FTabel = 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,76), dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Fisika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh FHitung = 6,29 > F Tabel = 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,76).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Par p |
Keywords: | Berpikir kreatif; Model pembelajaran; Predit-obeserve-explain; Model perolehan konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3995 |