RAHMATILLA, ZAFIRA (2020) PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4143121069 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 4143121069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
3. NIM. 4143121069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 4143121069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 4143121069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 4143121069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4143121069 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 4143121069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4143121069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM. 4143121069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4143121069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional mengenai materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two groups pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Medan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi aktivitas KPS siswa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan pengujian hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan KPS yang signifikan antara penerapan menggunakan model pembelajaran inquiry training dibandingkan pembelajaran konvensional dengan nilai sig. 0,000 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil uji N-Gain Score dengan penerapan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dalam meningkatkan KPS siswa sebesar 0,70 dalam kategori tinggi dibandingkan KPS siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional sebesar 0,59 dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 056 |
Keywords: | keterampilan proses sains, model pembelajaran inquiry training |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:38 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39917 |