PANJAITAN, IDA KAROLINA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153111028 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 4153111028 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 4153111028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 4153111028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4153111028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM. 4153111028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. NIM. 4153111028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 4153111028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 4153111028 BAB I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
13. NIM 4153111028 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 4153111028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sipahutar melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem
Solving berbantuan Geogebra (2) Meningkatkan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sipahutar T.A 2019/2020 yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis melalui penerapan model penerapan Creative Problem Solving berbantuan Geogebra pada materi Kubus dan Balok. Penelitian terdiri dari dua siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rata – rata nilai tes berpikir kreatif matematis pada siklus I adalah sebesar 58,88 dengan persentase 57,14% dari 28 siswa yang mengikuti tes telah mencapai ketuntasan belajar.
Kemudian rata – rata nilai meningkat pada siklus 2 menjadi 81,65 dengan persentase 85,71% dari 28 siswa yang mengikuti tes telah mencapai mencapai ketuntasan belajar. (2) Proses jawaban siswa berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif
secara klasikal pada siklus I adalah sebesar 57,14% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,29%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 062 |
Keywords: | creative problem solving, geogebra, kemampuan berpikir kreatif matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:37 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 01:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39911 |