Andriyani, Ika (2019) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGAR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151141022 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151141022 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
3. NIM. 4151141022 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 4151141022 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 4151141022 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM. 4151141022 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM. 4151141022 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM. 4151141022 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa kelas XI MIPA pada materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas, sedangkan sampelnya sebanyak 71 siswa yang diambil dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data untuk keterampilan proses sains menggunakan tes uraian dan observasi sedangkan sikap ilmiah menggunakan angket. Data dianalisis secara manual dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil analisis data pada keterampilan proses sains diperoleh nilai rata-rata 55,5 dengan kategori sedang. Pada setiap aspek keterampilan proses sains diperoleh hasil dengan kategori sedang yaitu pada aspek mengamati, klasifikasi, menerapkan konsep, dan mengajukan pertanyaan, sedangkan aspek keterampilan proses sains yang termasuk kedalam kategori rendah yaitu pada aspek prediksi, menggunakan alat dan bahan, menafsirkan, merencanakan percobaan, berhipotesis, dan berkomunikasi. Hal ini dikarenakan keterampilan proses sains yang belum diterapkan dengan baik karena membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga dapat berdampak pada ketercapaian kurikulum. Pada angket sikap ilmiah siswa diperoleh nilai rata-rata 78,8 dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk setiap indikator sikap ilmiah termasuk kedalam kategori sangat baik, dimana hampir semua indikator sikap ilmiah berada pada kategori sangat baik kecuali pada indikator ketekunan yang berada dalam kategori baik. Hal ini disebabkan tuntutan dari Kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk dapat meningkatkan sikap termasuk sikap ilmiah menjadi lebih baik dari ranah afektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 109 |
Keywords: | Keterampilan proses sains; Sikap ilmiah; Sistem ekskresi; Ginjal; Urine; Kulit; Keringat; Hati; Paru-paru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 07:50 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39903 |