Gultom, Karyawaty (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INGGRIS DI SMP YAYASAN PERGURUAN DWI TUNGGAL TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122061 Judul.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. 8106122061 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 8106122061 Abstrak.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
4. 8106122061 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. 8106122061 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. 8106122061 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. 8106122061 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. 8106122061 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. 8106122061 Bab I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
10. 8106122061 Bab V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
11. 8106122061 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar pemahaman Bacaan Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran advance organizer dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar pemahaman bacaan bahasa Inggris yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, dan (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar pemahaman bacaan Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah 118 orang yang berasal dari tiga kelas yaitu kelas VIII (delapan) SMP Yayasan Perguruan Dwi Tunggal Tanjung Morawa, sedangkan sampel seluruhnya 74 orang yang terdiri dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kemampuan awal untuk membedakan jenis kemampuan awal yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujicobakan, sebanyak 40 saja yang memenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Hasil analisis data diperoleh; (1) hasil belajar pemahaman bacaan Bahasa Inggris siswa yang dibelajarkan dengan strategi advance organizer lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi ekspositori. Hal ini ditunjukkan Fhitung = (88,818) dan Ftable = (3,97) untuk taraf signifikansi ∝ = 0,05 dengan derajat dk (1:72). (2) Siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi memperoleh belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. Hal ini ditunjukkan Fhitung = (84,419) dan Ftable = (3,97) untuk taraf signifikansi ∝ = 0,05 dengan derajat dk (1:72), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal dalam mempengaruhi belajar bahasa Inggris siswa. Hal ini ditunjukkan Fhitung = (65,839) dan Ftable = (3,97) untuk taraf signifikansi ∝ = 0,05 dengan derajat dk (1:72). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris, strategi pembelajaran advance organizer tepat digunakan bagi siswa dengan kemampuan awal tinggi. Siswa yang memiliki kemampuan awal rendah lebih efektif dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Gul p |
Keywords: | Kemampuan awal; Pemahaman bacaan; Advance organizer; Pembelajaran ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 May 2016 18:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3989 |