. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI SMA Kurikulum 2013

Rambe, Yusri Asdedi (2020) . Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI SMA Kurikulum 2013. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156142017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156142017 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156142017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156142017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156142017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156142017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156142017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156142017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156142017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156142017 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156142017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156142017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156142017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156142017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156142017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156142017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156142017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156142017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Guided Inquiry adalah rangkaian pembelajaran yang menekankan proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu yang dipertanyakan (masalah). Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan Uji N Gain Skor, Uji – t Sampel berpasangan (tak bebas) dan Analisis Regresi Linear. Sampel pada penelitian ini diambil secara purposive sampling, yaitu terdiri dari satu kelas (34 siswa) kelas XI SMA kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai N Gain = 0.4947, berdasarkan pengkategorian nilai gain, jika nilai 0,3 g 0,7 (kategori sedang atau baik) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan atau penerapan model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Dengan uji t tersebut pada tingkat signifikansi 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diberi model pembelajaran inkuiri terbimbing; (3) Dengan Analisis Regresi Linier pada tingkat signifikansi 0,05 dapat disimpulkan bahwa makin tinggi kemampuan berpikir kritis siswa, makin tinggi pula hasil belajar. Berdasarkan ketiga kesimpulan ini maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Ram p
Keywords: model pembelajaran; kemampuan berpikir kritis; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2020 04:40
Last Modified: 17 Jul 2020 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39876

Actions (login required)

View Item
View Item