Rambe, Yusri Asdedi (2020) . Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI SMA Kurikulum 2013. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156142017 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 8156142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3. NIM. 8156142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
4. NIM. 8156142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8156142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 8156142017 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8156142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8156142017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 8156142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
13. NIM. 8156142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8156142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Guided Inquiry adalah rangkaian pembelajaran yang menekankan proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu yang dipertanyakan (masalah). Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan Uji N Gain Skor, Uji – t Sampel berpasangan (tak bebas) dan Analisis Regresi Linear. Sampel pada penelitian ini diambil secara purposive sampling, yaitu terdiri dari satu kelas (34 siswa) kelas XI SMA kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai N Gain = 0.4947, berdasarkan pengkategorian nilai gain, jika nilai 0,3 g 0,7 (kategori sedang atau baik) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan atau penerapan model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Dengan uji t tersebut pada tingkat signifikansi 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diberi model pembelajaran inkuiri terbimbing; (3) Dengan Analisis Regresi Linier pada tingkat signifikansi 0,05 dapat disimpulkan bahwa makin tinggi kemampuan berpikir kritis siswa, makin tinggi pula hasil belajar. Berdasarkan ketiga kesimpulan ini maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Ram p |
Keywords: | model pembelajaran; kemampuan berpikir kritis; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 04:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39876 |