Bintang, Nurul Shadrina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 7 Medan T.A 2019/2020. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176166009 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8176166009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
3. NIM 8176166009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 8176166009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 8176166009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 8176166009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM 8176166009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 8176166009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 8176166009 BAB I.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
13. NIM 8176166009 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM 8176166009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dan menganalisis hasil belajar kewirausahaan peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar kewirausahaan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri (2) mengetahui dan menganalisis hasil belajar kewirausahaan antara peserta didik dengan tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi dan hasil belajar peserta didik dengan tingkat kemampuan berpikir kritis rendah (3) mengetahui dan menganalisis interaksi antara model pembelajaran (Problem Based Learning dan Inkuiri) dan kemampuan berpikir kritis dalam memengaruhi hasil belajar kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas XI ATKP di SMK NEGERI 7 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 83 orang yang terbagi dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, jumlah populasi yang kurang dari 100 seluruh populasi dijadikan sampel penelitian semuanya. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 83 orang. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar kewirausahaan dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah Annova faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri dengan Fhitung > Ftabel = 3,96 > 14,46 (2) terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan Fhitung > Ftabel = 17,16 > 3,96 (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan Fhitung > Ftabel = 12,88 > 3,96.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 72 Bin p |
Keywords: | model pembelajaran Problem based Learning; model pembelajaran Inkuiri; kemampuan berpikir kritis; hasil belajar kewirausahaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 05:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39858 |