Siburian, Silvia (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 pada Pembelajaran Teks Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Batak Toba Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungmorawa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176191015 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8176191015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
3. NIM. 8176191015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8176191015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 8176191015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM. 8176191015 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8176191015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8176191015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8176191015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM. 8176191015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 8176191015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 pada Pembelajaran Teks Cerpen berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) berdasarkan model pengembangan ADDIE. Setelah melalui proses pengembangan, dihasilkan satu media pembelajaran Teks Cerpen berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Batak Toba siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungmorawa yang terdiri dari 4 (empat) menu utama yaitu Kompetensi Pembelajaran, Materi Cerpen, Quiz Pembelajaran dan Profil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi dari ahli materi meliputi aspek penilaian Kelayakan Isi dengan persentase kelayakan sebesar 92,73% dengan predikat Sangat Baik (SB), aspek Penyajian dengan persentase kelayakan sebesar 86% dengan predikat Sangat Baik (SB), aspek Kebahasan dengan persentase sebesar 100% dan predikat Sangat Baik (SB), aspek Kegrafikkan dengan persentase sebesar 90% dengan predikat Sangat Baik (SB); (2) validasi ahli desain media meliputi aspek penilaian Panduan dan Informasi dengan persentase kelayakan sebesar 100% dan predikat Sangat Baik (SB), aspek Operasional Perangkat Lunak dengan persentase kelayakan sebesar 100% dan predikat Sangat Baik, aspek Sistematika, Estetika dan Prinsip Media dengan persentase sebesar 98,40% dan predikat Sangat Baik (SB); (3) Hasil Uji Coba Lapangan terhadap Guru dan Siswa didapat respon atau tanggapan sebesar 96,15% dengan kriteria “Sangat Baik”; (4) Hasil belajar Teks Cerpen sebelum menggunakan media pembelajaran adobe flash CS6 adalah 51 sedangkan hasil belajar Teks Cerpen setelah menggunakan media pembelajaran adobe flash CS6 adalah 81. Selisih yang diperoleh sebesar 58,23% dari sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran adobe flash CS6. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kualitas media pembelajaran yang dibuat “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 813.071 2 Sib p |
Keywords: | adobe flash CS6; media pembelajaran; teks cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 08:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39841 |