Sirait, Romauli Opi Agustina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING MEMANFAATKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 19 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121061 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151121061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3. NIM. 4151121061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 4151121061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 4151121061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB)
9. NIM. 4151121061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 4151121061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 4151121061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) menggunakan Blended Learning memanfaatkan Google Classroom terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 19 Medan T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 19 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik random sampling terpilih kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional dan X MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jumlah siswa kedua kelas sama yaitu 31 siswa, total sampel 62 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh validator.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 31,61 dan kelas kontrol 29,89. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung = 0,73 dan ttabel = 2,00 karena thitung < ttabel, maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 77,42 dan kelas kontrol 69,89. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung = 3,59 dan ttabel = 1,67 untuk = 0,05 dan dk = 60. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan blended learning memanfaatkan Google Classroom terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 19 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 120 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Students team achievement division; Blended learning; Google classroom; Pengetahuan konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 08:03 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39745 |