PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Manao, Hameriti (2013) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809725007 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809725007 Judul.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809725007 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809725007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809725007 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809725007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809725007 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809725007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809725007 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809725007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809725007 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809725007 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809725007 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809725007 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809725007 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 809725007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809725007 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 809725007 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. 809725007 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 809725007 Bab V.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809725007 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 809725007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa, terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematik siswa, dan (3) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang difokuskan pada penguasaan konsep, aktivitas belajar siswa pada pembelajaran CTL dalam upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematik siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta dan SMP Negeri berakreditasi A dan B di kota Sibolga. Secara acak dipilih 2 buah sekolah sebagai objek penelitian yaitu SMP Swasta Fatima dan SMP Negeri 4 Sibolga. Selanjutnya dipilih masing-masing dua kelas VII yang paralel dari tiap sekolah dan terpilih 2 kelas dari SMP Swasta Fatima yaitu kelas VII-3 dan VII-4 sedangkan dari SMP Negeri 4 kelas VII-B dan kelas VII-C sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kritis matematik siswa pada pokok bahasan persamaan, pertidaksamaan linear satu variabel. Tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kritis matematik siswa dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, dengan koefisien reliabilitas berturut-turut sebesar 0,73 dan 0,88. Untuk analisa data digunakan uji gain ternormalisasi, uji anava dua jalur (pengolahan data dengan SPSS 16 dan Exel) dan uji statistik berupa uji-t Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah dan berpikir kritis matematik siswa pada kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL mengalami peningkatan yang lebih baik daripada kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran biasa (PMB). Proses jawaban siswa lebih baik terstruktur atau sistematik pada kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL dibandingkan dengan kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PMB. Pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan suatu alternatif bagi guru matematika dalam menyajikan pelajaran matematika, sudah seharusnya pembelajaran dengan CTL disosialisasikan penggunaan di unit masing-masing sekolah. Penggunaan media pembelajaran dengan pendekatan CTL hendaknya disesuaikan dengan benda-benda sekitar lingkungan siswa dan diterapkan pada materi-materi yang esensial menyangkut benda-benda ril sekitar tempat belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Man p
Keywords: Berpikir kritis; Pemecahan masalah; Contextual teaching & learning; Pembelajaran matematika biasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 May 2016 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3964

Actions (login required)

View Item
View Item