Putri, Melani Dwi (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TINGKAT SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153321023 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2. NIM. 4153321023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 4153321023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4153321023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM. 4153321023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
9. NIM. 4153321023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
13. NIM 4153321023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 4153321023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi Momentum dan Impuls di kelas X semester II SMA Cerdas Murni T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan desain twogroup pretest-postest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X-MIA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas X-MIA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah fisika dalam bentuk essay sebanyak 8 soal.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretes 25,45 dengan standart deviasi 7,46 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretes 29,38 dengan standart deviasi 6,67. Dari uji normalitas dan homogenitas data pretes untuk kedua kelas sampel disimpulkan bahwa kedua kelas sampel normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan berbeda di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari hasil postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 78,87 dengan standar deviasi 6,31 dan rata-rata kelas kontrol 67,67 dengan standar deviasi 7,27. Melalui pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah dengan multirepresentasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 181 |
Keywords: | Problem based learning; Momentum; Impuls; Multirepresentasi; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 04:30 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39596 |