Wati, Laras (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER ll SMA SWASTA SINAR HUSNI MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152121025 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 4152121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM. 4152121025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 4152121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4152121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
9. NIM. 4152121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
13. NIM. 4152121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4152121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas X semester II SMA Swasta Sinar Husni Medan T.A 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-post/est design. Populasi dan sampel seluruh siswa kelas kelas X IPA SMA Swasta Sinar Husni Medar, yang terdiri dari 2 kelas. Kelas X-IPA 2 sebagai kelas eksperimen beijum!ah 35 siswa dan kelas X-IPA-1 sebagai kelas control berjumlah 35 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik total sampling dimana jumlah populasi dan sampel sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar keterampilan proses sains yang terdiri dari 8 butir soal essai yang telah divalidasi dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa selama proses pembelajaran di kedua kelas oleh bantuan observer. Uji
hipotesis yang digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 31,19 dan kelas kontrol 30,71. Sedangkan hasil postes untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,93 dan kelas kontrol 66,31. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak diperoleh nilai postest trunmg > ttabel yaitu 6,217 > 1,668 maka I-L, d.itolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Statis Kelas X di SMA Swasta Sinar Husni Medan T.A. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 147 |
Keywords: | Inquiry training; Pembelajaran konvensional; Keterampilan proses sains; Fluida; Tekanan hidrostatis; Massa jenis; Hukum pascal; Hukum archimedes; Tegangan permukaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 04:32 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39587 |