Pasaribu, Annisa (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.A.2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152121003 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 4152121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM 4152121003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 4152121003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 4152121003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
9. NIM 4152121003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
13. NIM 4152121003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4152121003 BIBLIORAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem BasedLearning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa Siswa Pada Materi Getaran Harmonik Sederhana di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A.2018/2019.
Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X IPA SMAN 1 Batang Kuis T.A.2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPA 4 sebagi kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran PBL dan dikelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen berupa tes essay yang terdiri dari tes keterampilan berfikir kreatif masing-masing berjumlah 5 butir soal yang telah dinyatakan valid. Analisa dapat dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata postes keterampilan berfikir kreatif (KBK) kelas eskperimen 68,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 59,18. Hasil uji t data postes Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif secara signifikan antara peserta didik yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. peserta didik yang belajar menggunakan model Problem Based Learning menunjukkan kemampuan berfikir kreatif yang lebih baik dibandingkan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 209 |
Keywords: | Periode; Frekuensi; Gerak harmonik sederhana; Gaya pemulihan; Besaran fisis; Problem based learning; High order thinking skill |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 15:40 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 13:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39429 |