Nasution, Hamni Fadlilah (2013) PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI DI KOTA PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809725008 Judul.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. 809725008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
3. 809725008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. 809725008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. 809725008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. 809725008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. 809725008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. 809725008 Bab I.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
9. 809725008 Bab V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
10. 809725008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang proses pembelajarannya menggunakan PMR lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh proses pembelajaran konvensional, (2) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang proses pembelajarannya menggunakan PMR lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (4) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif, (5) Bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat oleh siswa pada masing-masing pembelajaran, (6) Bagaimana respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan PMR. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri di kota Padangsidimpuan. Secara acak, dipilih dua sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMPN 2 dan SMPN 10. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan PMR, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, dan tes berpikir kreatif. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0.78 untuk kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif lebih besar dari Fkritis = 3.919 yaitu 23.222 dan 57.961 maka kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa yang memperoleh proses pembelajarannya menggunakan PMR lebih baik daripada konvensional. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa Fhitung =1.496, sedangkan nilai sig = 0.228 & gt; sig 0.05, Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika dalam meningkatkan berpikir kreatif fhitung = 20.817, sedangkan nilai sig = 0.000 & gt; 0.05. Proses penyelesaian jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran dengan PMR lebih bervariasi pola jawaban dalam membuat kesimpulan dan memberi beberapa cara penyelesaian dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Respon siswa terhadap PMR adalah positif lebih dari 80%. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan: kepada guru, peneliti hendaknya meninjau terlebih dahulu model pembelajaran yang digunakan, materi pelajaran, LAS sebelum memulai pembelajaran. Pembelajaran dengan PMR yang menekankan kepada kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif khususnya dalam mengajarkan materi perbandingan di kelas VII.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nas p |
Keywords: | Komunikasi matematis; Matematika realistik; Berpikir kreatif; Pendekatan konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2016 16:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3938 |