Nasution, Hijrah Hidayah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDIT NURUL ILMI PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809725009 Judul.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. 809725009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3. 809725009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. 809725009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. 809725009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. 809725009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. 809725009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. 809725009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
9. 809725009 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 809725009 Bab V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
11. 809725009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dengan siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan konvensional, (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (3) Apakah terdapat perbedaan peningkatan self-regulated learning siswa antara yang pembelajarannya dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dan Pendekatan konvensional, (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan self-regulated learning, Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, (5) Bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat oleh siswa pada masing-masing pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Nurul Ilmi yang memiliki rombongan belajar 2 kelas. Kelas eksperimen diberi pendekatan matematika realistik, sedangkan kelas kontrol diberi pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, dan tes self-regulated learning. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,86 dan 0,88 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis, angket self-regulated learning. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANOVA Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning siswa yang menggunakan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Disamping itu, tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Regulated Learning. Proses penyelesaian masalah siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan matematika realistik lebih lengkap berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian sejenis pada saat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa diberi kesempatan untuk mengerjakannya secara mandiri terlebih dahulu sehingga dibekali aspek Self-Regulated Learning dengan jelas dan juga akan terbentuk Self-Regulated Learning bagi perluasan wawasan keilmuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nas p |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; Self-regulated learning; Komunikasi matematis; Pendekatan konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2016 15:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3934 |