Setiawan, Dian (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BINJAI T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152111008 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4152111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM 4152111008 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 4152111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 4152111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
7. NIM 4152111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM 4152111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
10. NIM 4152111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (805kB) | Preview
14. NIM 4152111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
15. NIM 4152111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dimana pelaksanaannya terdiri dari siklus-siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan pengumpulan data, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTsN Binjai yang berjumlah 39 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-2 MTsN Binjai T.A.2018/2019. Sebelum tindakan dilakukan, terlebih dahulu dilakukan tes dan observasi awal untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis awal siswa. Pada siklus I, pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan menggunakan lembar aktivitas siswa. Sedangkan pada siklus II, pembelajaran yang dilakukan dengan menambahkan media berupa Powerpoint dan Geogebra. Penggunaan media tersebut dimaksudkan agar siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Berdasarkan data yang diperoleh, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal pada kriteria sedang sebesar 51,28%, dimana sebanyak 34 siswa (87,18%) telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal pada kriteria sedang. Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 51,05%, dimana nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus II adalah 75,38. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-2 MTsN Binjai T.A. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 087 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Numbered head together; Kubus; Balok; Luas permukaan; Volume |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 13:19 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39309 |