Silitonga, Meylin (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Scaffolded Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2153111026 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM.2153111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
3. NIM.2153111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM.2153111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM.2153111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM.2153111026 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM.2153111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM.2153111026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM.2153111026 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM.2153111026 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM.2153111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Scaffolded Writing terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan dengan populasi 254
orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas X AK 1 (kelas eksperimen) dan kelas X PM 1 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 36 orang.Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain penelitian two group post test design. Tes pada penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak satu kali yaitu sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran Scaffolded
Writing di kelas eksperimen dan model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan menulis teks negosiasi di kelas kontrol.Kemampuan menulis teks negosiasi saat menggunakan model pembelajaran Konvensional (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 69,58 (termasuk dalam kategori cukup). Sedangkan kemampuan menulis teks negosiasi saat menggunakan model
pembelajaran Scaffolded Writing (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 81,80 (termasuk dalam kategori baik).Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0 = 7,935. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 dengan df = N-1. df = 36-1 = 35, maka diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,03. Nilai t0>ttabel atau 7,935>2,03. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Scaffolded Writing efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Scaffolded Writing; menulis teks negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 05:15 |
Last Modified: | 22 Apr 2020 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39137 |