Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Berdasarkan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Sidabutar, Lamria Romaito (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Berdasarkan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2151111032 HALAMAN SAMPUL_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM.2151111032 HALAMAN SAMPUL_docx.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.2151111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM.2151111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.2151111032 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM.2151111032 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.2151111032 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM.2151111032 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.2151111032 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM.2151111032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.2151111032 DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM.2151111032 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.2151111032 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM.2151111032 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.2151111032 BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM.2151111032 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM.2151111032 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
12. NIM.2151111032 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.2151111032 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM.2151111032 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena melihat bahwa masih banyak siswa kurang aktif dalam pembelajaran menulis teks persuasi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan.Teks persuasi yang dibuat siswa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh penulis dengan melakukan wawancara dengan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Batang Kuis dapat diketahui bahwa kemampuan siswa
dalam menulis teks persuasi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis teks persuasi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan, pembelajaran yang diberikan guru terlalu menoton dan membosankan, dan
masih banyak siswa yang pasif dalam proses pembelajaran.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan menulis teks persuasi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan dengan menggunakan model pembelajaran
langsung siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis, (2) mengetahui kemampuan menulis teks persuasi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan dengan menggunakan model
pembelajaran joyfull learning siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis, dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran joyfull learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimental design. Desain penelitian ini menggunakan model pretest-posttest control group design. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran joyfull learning pada kemampuan menulis teks persuasi berdasarkan struktur
dan kaidah kebahasaan di SMP Negeri 1 Batang Kuis. Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis dalam menulis teks persuasi pada kelas kontrol sebelum pembelajaran langsung menunjukkan rata-rata 54. Sesudah dilakukan pembelajaran langsung kemampuan menulis teks persuasi siswa dengan rata-rata 66. Identifikasi hasil sebelum diterapkan model pembelajaran joyfull learning pada pembelajaran menulis teks persuasi termasuk dalam
kategori cukup. Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis dalam menulis teks persuasi pada kelas eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran joyfull learning menunjukkan rata-rata 44. Sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran joyfull learning terjadi peningkatan kemampuan menulis teks persuasi siswa dengan rata-rata 75. Identifikasi hasil sesudah diterapkan model pembelajaran joyfull learning pada pembelajaran teks persuasi termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model joyfull learning; menulis teks persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 20 Apr 2020 17:42
Last Modified: 20 Apr 2020 17:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39133

Actions (login required)

View Item
View Item