Etika, Dini (2019) Pengaruh Media Powtoon terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151111014 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 2151111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 2151111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 2151111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 2151111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 2151111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 2151111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 2151111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
12. NIM. 2151111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
13. NIM. 2151111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media powtoon terhadap kemampuan menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan berjumlah 330 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi dengan desain one group pre-test post-test design. Instrument yang digunakan adalah tes menulis
teks persuasi dalam bentuk tes essay. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan menulis
teks persuasi. Tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata = 65,81 Standar Deviasi = 9,11 dan Standar Error = 1,51. Tes Akhir (post-test) dengan nilai rata-rata = 78,1
Standar Deviasi = 8,5 dan Standar Error = 1,4. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,96,
selanjutnya dikonsultasikan pada tabel t dengan pada taraf signifikan 5% dengan df = (n-1) = (37-1) = 36. Pada tabel t dengan df 36 pada taraf 5% = 2,03. Karena
thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,96 > 2,03, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa
media powtoon memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan menulis teks persuasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan; menulis; teks persuasi; media powtoon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 05:27 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 05:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39087 |