Yuliana, Azmi (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MELENGKAPI PARAGRAF RUMPANG PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN SRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106182004 Judul.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 8106182004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
3. 8106182004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. 8106182004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
5. 8106182004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. 8106182004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 8106182004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8106182004 Bab I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
9. 8106182004 Bab V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
10. 8106182004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melengkapi paragraf rumpang dan aktivitas siswa. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 37 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan melengkapi paragraf rumpang, observasi aktivitas siswa. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan kemampuan menulis paragraf, dan aktivitas siswa dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan melengkapi paragraf rumpang. Siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,38. Jumlah siswa yang memperoleh nilai 65 (kategori cukup) adalah 29 orang siswa dari 37 siswa yang mengikuti tes, atau tingkat ketuntasan belajar siswa adalah 78,38%. Siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,71. Jumlah siswa yang memperoleh kategori minimal “cukup” (minimal nilai 65,0) adalah 31 orang siswa dari 37 siswa yang mengikuti tes, atau tingkat kemampuan melengkapi paragraf rumpang siswa adalah 83,78%. Dari 16 indikator aktivitas siswa pada siklus I, terdapat 4 (empat) indikator atau (25%) memenuhi indikator keberhasilan tindakan. Namun pada siklus II, semua indikator telah memenuhi indikator keberhasilan. Pembelajaran tutor sebaya dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pelajaran pada materi melengkapi paragraf rumpang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Yul p |
Keywords: | Paragraf rumpang; Tutor sebaya; Menulis; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 21:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3903 |