Sirait, Aprina (2019) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Drama Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI SMA Methodist 12 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176192005 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 8176192005 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM 8176192005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM 8176192005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 8176192005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 8176192005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 8176192005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8176192005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 8176192005 BAB I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
13. NIM 8176192005 BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM 8166192015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis masalahpada
materi teks dramauntuk Kelas XI SMA Methodist 12 Medan. Metode penelitian
yang digunakan adalahmetode penelitian dan pengembangan Research and
Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan
adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi materi termasuk kelayakan isi
dengan rata-rata 90,6% dengan kategori sangat baik, kelayakan Penyajian dengan
rata-rata 92,3% dengan kategori sangat baik, dan penilaian aspek bahasa dengan
rata-rata 87,5% dengan kategori sangat baik. Uji coba produk dilakukan dalam
tiga tahap: pengujian individual, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan
terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata 86 % dengan kategori sangat baik, uji
coba kelompok kecil dengan rata-rata 87,4% dengan kategori sangat baik, dan uji
coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,3% dengan kategori sangat baik.
Efektivitas bahan ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan
posttest. skor rata-rata pada pretest 52 dan pada posttest76. Hal ini membuktikan
bahwa bahan ajar teks drama berbasis masalah layak, mudah, dan efektif untuk
digunakan pada siswa kelas XI SMA Methodist 12 Medan. Penelitian ini
berimpilkasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar
berbasis masalah yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama
dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, bahan ajar berupa modul ini
dapat menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam
menyampaikan materi teks drama yang diajarkan, memperkaya dan menambah
pengetahuan siswa tentang teks drama sehingga pembelajaran akan lebih menarik
dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.02 Sir p |
Keywords: | bahan ajar; teks drama; berbasis masalah; pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 09:02 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39000 |