Simanihuruk, Horasman (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Adobe Animate CC pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8176122013 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2 NIM. 8176122013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
3 NIM. 8176122013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4 NIM. 8176122013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5 NIM. 8176122013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6 NIM. 8176122013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7 NIM. 8176122013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM. 8176122013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 NIM. 8176122013 BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13 NIM. 8176122013 BAB V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14 NIM. 8176122013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan media pembelajaran
Interaktif dengan aplikasi Adobe Animate CC pada Mata Pelajaran Pemrograman
Dasar, (2) Mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran Interaktif
dengan aplikasi Adobe Animate CC pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar,(3)
Mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran Interaktif dengan
aplikasi Adobe Animate CC pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar . Penelitian
ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur
penelitian menggunakan model ADDIE. Pengembangan media pembelajaran
interaktif, terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1).Analisis: Melakukan analisis
kebutuhan), (2). Design: Menentukan kinerja yang dicapai dan pemilihan
metode tes yang sesuai, (3). Develop: Menghasilkan dan memvalidasi sumber
belajar, (4). Implement: Menyiapkan Lingkungan Belajar dan mengikutsertakan
Peserta Didik, (5). Evaluate: Melakukan perbaikan terakhir sesuai saran dan
pengolahan data yang diperoleh. Penentuan tingkat kelayakan media
pembelajaran interaktif berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kepada
siswa serta dilanjutkan dengan uji efektifitas. Ahli materi tentang pengembangan
media pembelajaran interaktif dengan Adobe Animate CC memberikan mean
skor rata-rata 3.89 sehingga media pembelajaran termasuk dalam interpretasi
"layak" sehingga bisa diterima dan cocok untuk digunakan dalam proses
pembelajaran. Ahli media pembelajaran pada media pembelajaran interaktif
dengan Adobe Animate CC, memberikan mean skor rata-rata 4.02 sehingga
pengembangan media pembelajaran dengan Adobe Animate CC termasuk dalam
interpretasi “Layak”. Sementara itu, dari hasil uji coba perorangan mean skor ratarata
3.93 dengan interpretasi “Akseptansi tinggi”.Secara keseluruhan, berdasarkan
penilaian ahli materi dan ahli konstruksi media serta hasil uji coba pada siswa
serta uji efektifitas, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif
dengan Adobe Animate CC pada pembelajaran layak digunakan dan lebih efektif
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Sim p |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Pemrograman Dasar; Pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 05:28 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 05:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38973 |