Oktavianti, Dini (2020) Pengembangan Materi Ajar Kimia Terintegrasi Spiritual Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Visual Studio Ditinjau dari Motivasi dan Kemampuan Awal Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176142004 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8176142004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3. NIM. 8176142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 8176142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
5. NIM. 8176142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 8176142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8176142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8176142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8176142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
13. NIM. 8176142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM. 8176142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui analisis kebutuhan awal media visual studio yang dikembangkan; (2) memperoleh desain dan pengembangan yang dilakukan pada media visual studio yang dikembangkan; (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran visual studio dengan standar BSNP; (4) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar kimia berbasis spiritual menggunakan model PBL berbantuan media visual studio; (5) mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar kimia berbasis spiritual menggunakan model PBL berbantuan media visual studio; (6) mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar kimia berbasis spiritual menggunakan model PBL berbantuan media visual studio; (7) mengetahui pengaruh interaksi antara model dengan motivasi; (8) mengetahui pengaruh interaksi antara model dengan kemampuan awal siswa; (9) mengetahui pengaruh interaksi antara motivasi dengan kemampuan awal siswa; (10) mengetahui pengaruh interaksi antara model dengan nilai spiritual; (11) mengetahui pengaruh interaksi antara model, motivasi dan kemampuan awal siswa; (12) mengetahui korelasi antara nilai spiritual dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA/MA dengan kurikulum 2013 kelas XI Semester ganjil T.P 2019/2020. Sampel penelitian adalah siswa MIA 2 dan MIA 3 dengan masing-masing siswa berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket BSNP untuk menguji kelayakan media. Digunakan pula angket motivasi dan spiritual siswa untuk mengukur tingkat motivasi dan spiritual siswa serta tes pilihan berganda untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) media visual studio yang dikembangkan sangat dibutuhkan; (2) Desain dan pengembangan yang dilakukan pada media visual studio yang dikembangkan yaitu pembuatan produk media visual studio dan penambahan model Problem Based Learning; (3) tingkat kelayakan media visual studio memiliki kategori layak; (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan materi ajar kimia terintegrasi spiritual menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media visual studio(0,667); (5) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio(72,15); (6) terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio(70,55); (7) tidak terdapat interaksi antara siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio; (8) tidak terdapat interaksi antara siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio; (9) tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar dengan kemampuan awal; (10) tidak terdapat interaksi antara siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio dengan motivasi belajar dan kemampuan awal; (11) tidak terdapat interaksi antara siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio dengan spiritual; (12) terdapat hubungan yang signifikan antara spiritual siswa materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Okt p |
Keywords: | pengembangan materi ajar kimia; spiritual; media visual studio; motivasi; kemampuan awal siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 03:23 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38962 |