Siahaan, Nurhalimah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV SD Islam Terpadu NU Tanjung Morawa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182038 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 8176182038 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 8176182038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM. 8176182038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 8176182038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 8176182038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8176182038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8176182038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176182038 BAB I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM. 8176182038 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM. 8176182038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction.2) Mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah. 3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Terpadu NU Tanjung Morawa dan SD IT Tahfizhil Quran Islamic Center Medan. Metode Penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2, teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model direct instruction. 2) Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan keterampilan sosial yang tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model direct instruction. 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PPKn.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Sia p |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 11:14 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 11:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38919 |